Riba dan Tinjauan Kritis Perbankan Syari’ah (Riba Menurut Islam)

Posted by Buku Islami on July - 21 - 2011
riba
Rp. 38.000
Hemat: Rp. 4.000
Rp. 34.000
  • Penulis : Muhammad Arifin Bin Badri, MA
  • Penerbit : Pustaka Darul Ilmi
  • Tebal : 208 Halaman
  • Sampul : Soft Cover

Riba dalam islam. Riba didalam islam diharamkan hartanya. Karna riba adalah harta yang bukan hak kita. Didalam islam sendiri hukum tentang riba telah dibahas didalam Al-Qur’an dan As-Sunnah serta diperluas kembali oleh buku-buku agama islam yang telah banyak beredar saat ini. Lalu, bagaimana riba dalam islam. Bagaimanakah harta yang riba itu digunakan menurut islam? Apalagi saat ini telah bermunculan bank-bank yang berbasiskan syari’ah yang mengklaim bahwa mereka bebas dari riba, sehingga ummat islam tidak perlu ragu untuk menabung dibank-bank syari’ah. Apakah benar bank-bank syari’ah saat ini yang merebak dimana-mana sudah terbebas dari riba. Bagaimana tinjauan kritis tentang riba menurut islam?

“Pada hari ini, telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah aku cukupkan atas kalian kenikmatan-Ku, dan Aku ridha Islam menjadi agama kalian.” (QS. Al-Maa`idah: 3)

Alhamdulillah, fakta Ilahiy ini mulai disadari kembali oleh umat Islam, sehingga kini kita mulai mendengarkan berbagai seruan untuk menerapkan syariat ilahiy ini dalam segala aspek kehidupan. Berbagai upaya dan lembaga didirikan, guna mendorong penerapan syariat yang maha adil nan indah ini. Ini semua merupakan indikasi, semakin tumbuhnya kesadaran umat Islam kita, tentang bahaya riba dan berbagai sistem perekonomian yang menyelisihi syari’at Islam.

Yakinkah harta kita telah terbebas dari riba menurut islam, atau  kita secara tak sadar telah terjebak di dalamnya. Buku ini mengupas tuntas seluk-beluk mengenai Riba dalam islam dan beberapa kaidah penting yang berkenaan dengan riba dalam islam. Juga dilengkapi sorotan yang tajam mengenai contoh-contoh Riba masa kini. Penulis juga melakukan Tinjauan Kritis tentang Perbankan Syari’ah yang sedang marak akhir-akhir ini. Selanjutnya, kita akan berusaha mengenal lebih dekat tentang akad mudharabah yang telah diklaim menjadi asas perbankan syari’ah di negeri kita. Dengan memahami beberapa hal tersebut, diharapkan kita dapat memahami hakikat perbankan syari’ah yang ada. Apakah Bank Syari’ah tersebut benar-benar murni syari’ah? Atau hanyalah sekedar kamuflase dari Perbankan Konvensional yang ada saat ini. Bagaimana Pandangan Syari’at menilainya? Temukan solusi praktis di dalamnya… Segera bebaskan Harta Anda dari Riba.

 

 

 

Be Sociable, Share!