Fathul Baari (Kitab Fathul Baari Lengkap 36 Jilid) Free Ongkir

Posted by Buku Islami on December - 2 - 2012

Rp. 4.678.000
Hemat: Rp. 828.000
Rp. 3.850.000
  • Penulis : Ibnu Hajar Al Atsqalani
  • Penerbit : Pustaka Azzam
  • Berat : 40 Kg
  • Jilid : Lengkap 36 Jilid
  • Bonus : Box
  • Free Ongkir

Fathul Baari. Kitab Fathul Baari merupakan sebuah kitab rujukan tentang Penjelasan lengkap mengenai Shahih Al Bukhori. Ditulis oleh seorang ulama yang tidak diragukan lagi keilmuannya menjadikan Kitab Fathul Baari ini menjadi rujukan bagi semua Ummat Islam. Adalah Ibnu Hajar Al Atsqalani penulis Kitab Fathul Baari. Fathul Baari memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Matan kitab Fathul Baari, yaitu Shahih Al Bukhari, telah diterima oleh semua kalangan umat Islam

Kitab Fathul Baari mendapatkan sambutan paling positif dari semua kalangan umat Islam, terutama yang bermadzhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Lebih dari itu, mereka menyebut Fathul Baari sebagai kitab yang paling shahih setelah al-Qur’an. Sebagai kitab yang diterima oleh semua kalangan, bahkan diunggulkan dari kitab-kitab hadits lain, tentu syarahnya sangat diperlukan untuk dapat memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya secara benar dan mendalam. Dan syarah terbaik kitab Shahiihul Bukhari ini adalah ¬†yang paling terkenal dan dijadikan referensi oleh kaum Muslimin di seluruh dunia yaitu kitab Fathul Baari.

2. Fathul Baari adalah kitab Hadits Monumental

Fathul Baari dikatakan demikian karena kitab ini menggabungkan dua karya monumental dalam bidang hadits, berupa matan dan syarahnya. Yang pertama adalah Shahih Al Bukhari, yaitu kitab induknya, dan yang kedua adalah syarahnya, yaitu Fathul Baari itu sendiri. Fathul Baari tergolong kitab paling paripurna dalam syarah hadits sehingga segala hal berkaitan dengan syarah hadits hampir semuanya didapatkan di Fathul Baari. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para ulama mengatakan: “Laa hijrata ba’dal Fathi,” yang maknanya: Tidak perlu hijrah (beralih ke kitab lain) selama ada Fathul Baari. Para ulama setelahnya banyak mengutip perkataan Ibnu Hajar dalam penulisan kitab-kitab mereka dan menjadikannya sebagai referensi ilmiah.

3. Penulisnya Ulama yang ulung di bidangnya

Kitab Fathul Baari ini mempertemukan dua ulama ulung di bidang hadits nabawi, dan keilmuan keduanya telah diakui oleh semua kalangan umat Islam.Yang pertama adalah Imam al-Bukhari, yang digelari dengan Amirul Mukminin dalam bidang hadits dan yang kedua adalah Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqalani, yang digelari al-Hafizh. Gelar al-hafizh bagi seorang ahli hadits hanya disematkan kepada yang mampu menghafal 100.000 hadits, baik sanad maupun matannya. Gelar ini diberikan kepada Ibnu Hajar oleh gurunya, al-Hafizh al-‘Iraqi, seorang syaikh (ulama besar) yang ahli dalam bidang hadits.

4. Fathul Baari Adalah kitab syarah hadits yang paling lengkap dan sempurna

Kitab syarah atau penjelasan kitab Shahih Al Bukhari ini tergolong kitab syarah yang paling sempurna karena kemampuannya dalam menyajikan dan menjelaskan banyak hal. Mulai dari pembahasan masalah yang ditinjau dari ilmu bahasa: definisi masing-masing istilah secara lughawi (etimologi) dan syar’i (terminologi), perbandingan redaksi riwayat-riwayat, penjelasan kaidah ushul fiqih, pengungkapan keterangan ilmu hadits: sanad dan matannya, sampai pelajaran penting dan hikmah hadits nabawi serta pembahasan hal-hal yang terkait lainnya. Oleh karena itulah kitab Fathul Baari ini sering kali dijadikan sebagai bahan referensi atau sumber referensi oleh para penulis Muslim, khususnya terkait dengan makna-makna hadits yang tertulis dalam kitab Shahih Al Bukhari.

Be Sociable, Share!