Salah Asuhan (Sastra Klasik Th. 80 an)

Posted by Buku Islami on February - 10 - 2011
1
Rp. 68.000
Hemat: Rp. 3.000
Rp. 65.000
  • Judul Novel : Salah Asuhan
  • Pengarang : Abdul Moeis
  • Penerbit : Balai Pustaka
  • Kategori : Novel Klasik thn 80 an

Novel Salah Asuhan. Salah Asuhan merupakan novel klasik yang terbit di awal tahun 80 an yang dikarang oleh Abdul Muis, seorang sastrawan  asli dari Minang Kabau. Novel Salah Asuhan sendiri berlatar belakang dikota Minang Kabau, Padang. Pada Zamannya hingga kini novel Salah Asuhan  ini sangat banyak menyita perhatian para remaja dan orang-orang dari berbagai usia hingga saat ini, Karna  novel ini memberikan alur yang begitu menarik dan dikemas pada kebudayaan di Minang Kabau, namun bahasanya sederhana dan  mudah dimengerti.

Hanafi tinggal bersama ibunya,karena ayahnya sudah meninggal dunia.Cita-cita ibu hanafi begtu besar untuk menyekolahkan anaknya.Di sekolah Hanafi berkenalan dengan seorang gadis keturunan Indonesia Perancis bernama Corrie de bussy.

Selanjutnya Hanafi di sekolahkan ibunya ke Jakarta, dan tinggal di rumah seorang warga Belanda,dengan maksud agar Hanafi menjadi orang terhormat setingkat dengan orang-orang Eropa.Di Jakarta Hanafi bertemu lagi dengan Corrie.pertemuan itulah yang membuat hanafi ingin menjadikan Corrie sebagai istrinya.Bahkan Hanafi mengajukan kewargaan negaranya untuk setingkat dengan orang-orang Eropa.Hubungan keduanya banyak ditentang oleh masyarakat karena tidak sederajat.Karena suatu peristiwa yang dianggap Corrie tidak sopan maka Dia pun meninggalkan Hanafi.

Sepeninggal Corrie Hanafi merasa kesepian, atas desakan ibunya Hanafi dipaksa untuk mengawini Rafiah,karena orang tua Rafialah yang membiayai Hanafi sekolah di Jakarta. Hanafi menerima saran ibunya walaupun dalam keadaan terpaksa.Dari perkawinannya denga Rafiah Hanafi dikaruniai seorang anak bernama Syafii.
Walaupun Hanafi sudah berumah tangga dan mempunyai anak,namun pergaulannya dengan istri dan anaknya renggang juga.Oleh Hanafi,istrinya hanya dianggap sebagai pembantu saja, sedangkan kepada anaknya Ia tidak pernah menyanyanginya.

Novel Salah Asuhan ini akan memberikan nuansa baru dalam dunia pernovelan yang sudah sangat subur di Indonesia ini, terutama para penikmat sastra dan novel klasik atau novel islami. Dan para penikmat Novel Klasik atau Sastra Klasik pasti mengenal sosok Abdul Muis.

Be Sociable, Share!