Al-Bidayah Wan Nihayah (Edisi Lengkap Sejarah Khulafa’ur Rasyidin)

Posted by Buku Islami on February - 8 - 2011

Rp. 149.000
Hemat: Rp. 20.000
Rp. 129.000
  • Judul : Al-Bidayah Wan Nihayah, Masa Khulafa’ur Rasyidin
  • Penulis : Ibnu Katsir
  • Penerbit : Darul Haq
  • Penyusun : Muhammad Bin Shamil As-Sulami
  • Penerjemah : Abu Ihsan Al-Atsari
  • Muroja’ah : Ahmad Amin Sjihab, Lc.
  • Tebal : +_559 Halaman (Hard Cover + Lux)

Al-Bidayah Wan Nihayah. Al-Bidayah Wan Nihayah merupakan buku yang dikarang oleh Ibnu Katsir yang menceritakan sejarah Lengkap tentang Kehidupan Pada Masa Khulafa’ur Rasyidin pada masa Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali. Dalam Buku tersebut diceritakan tentang sebenar-benarnya yang terjadi pada masa itu. Isu-isu yang terjadi pada masa Khulafa’ur Rasyidin juga dibahas tentang kebenarannya secara tuntas didalamĀ  buku ini.

Berikut sinopsis singkat dari buku Al-Bidayah Wan Nihayah :

– Benarkah Khalifah Pertama Abu Bakar Ash-Ashiddiq diracun hingga menyebabkan kematian beliau?

– Benarkah penyebab umar bin Khaththab mencopot khalid bin walid dari jabatannya sebagai panglima pasukan karena adanya intrik pribadi antara keduanya?

– Benarkah isu-isu tendensius yang menyebutkan bahwa Utsman bin Affan lebih mengutamakan karib kerabat untuk memegang jabatan-jabatan strategis dalam pemerintahan seperti yang dituduhkan sebagian orang?

– Apa yang melatarbelakangi peperangan Jamal yang terjadi antara Ali bin Abi Tholib dengan az-Zubair, Thalhah dan ‘Aisyah ?

– Dan Apa pula yang melatarbelakangi peperangan antara Ali bin Abi Tholib dengan Mu’awiyyah hingga menyebabkan kematiannya?

Begitu banyak isu-isu kontroversional yang disebutkan dalam buku-buku sejarah, namun banyak yang perlu diluruskan. Yang disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil dari penyimpangan sejarah. Sementara, sejuta pertanyaan lain masih menggelayut dalam benak menuntut sebuah jawaban. Dimanakah jawabannya?

Buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan jawabannya. Dipetik dari buku al-Bidayah wan Nihayah, sebuah karya monumental seorang ulama besar yang tidak asing lagi; Al-Hafidz Imaduduin Abul Fida’ Ismail bin Umar bin Katsir yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir.

Sebagai pembukan, buku ini dimulai dengan metode penyusunan dan penyuntuingan, biografi Al-Imam Al-Hafizh Ibnu Katsir dan Kitabnya Al-Bidayah Wan Nihayah serta metode dan referensi yang digunakan.

Dalam buku ini pembaca dapat membaca sejarah khulafa’ur rasyidin dan dapat menyaksikan masa-masa keemasan Islam yang disajikan secara apik oleh Dr. Muhammad bin Shamil as-Sulami. Mudah-mudahan kehadiran buku ini dapat meluruskan sejarah-sejarah yang banyak diselewengkan oleh tangan-tangan jahil.

Kitab ini cocok untuk yang senang mempelajari kisah-kisah para sahabat pada masa khulafaur rasyidin seperti Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali ra. Kalau anda senang membaca sirah nabawiyah, kemungkinan anda juga akan tertarik dengan kitab ini. Insya Allah kitab ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang fitnah al kubra yang selama ribuan tahun menggelayuti umat Islam. Pembahasan dalam kitab ini pun cukup detail sampai hal-hal kecilnya.

Ada saatnya rasa haru muncul ketika membaca kisah-kisah kehidupan para sahabat ra dalam kitab Al-Bidayah Wan Nihayah ini. Dan ada pula saatnya muncul rasa kagum dan bangga. Buku ini cukup seru dan seandainya kisah-kisah dalam kitab ini dijadikan film, maka film itu insya Allah akan menjadi film yang hampir lengkap mulai dari action, drama dan tentunya tanpa esek-esek seperti kebanyakan film. Insya Allah akan ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan mereka. Selamat membaca Al-Bidayah Wan Nihayah.

Be Sociable, Share!