Keajaiban Mengasuh Anak Yatim

Posted by Buku Islami on January - 29 - 2011
Keajaiban_Mengasuh_Anak_Yatim2
Rp. 22.500
Hemat: Rp. 3.500
Rp. 19.000

Kata yatim berasal dari bahasa Arab, bentuk jamaknya adalah yatama atau aitam. Kata yatim mencakup pengertian semua anak yang bapaknya telah meninggal, ketika anak belum menginjak dewasa, baik ia kaya atau miskin, anak laki-laki atau perempuan, baik beragama Islam maupun non muslim. Karena itu, anak kecil yang dipelihara ibunya atau kakek neneknya atau orang lain disebabkan perceraian orang tuanya atau sebab lain, tidak dikategorikan sebagai anak yatim. Tidak pula disebut yatim jika memang semenjak dalam kandungan, ia tidak mempunyai ayah. Adapun anak yang bapak dan ibunya telah meninggal, termasuk dalam kategori yatim juga.

Sebelum islam datang, banyak anak yatim yang  menjadi budak. Kelemahan diri dan keluarganya memaksa mereka untuk menjadi manusia kelas dua. Mereka sering menjadi sasaran cemoohan dan hinaan, bahkan tidak jarang berujung pada penganiayaan. Islam datang membawa ajaran yang mulia. Islam mengantarkan manusia ke gerbang pintu kemanusiaan. Salah satunya adalah mengajarkan untuk menyantuni anak yatim. Bahkan Nabi Muhammad juga seorang anak yatim seperti disebut dalam firman Allah” Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu” (Ad-Dhuha ayat 6).

Memang sungguh berat memelihara anak yatim. Tidak setiap orang mampu menjalankannya, meski memiliki kelebihan sejumlah materi. Mengasuh anak yatim membutuhkan kesabaran ekstra, ketelatenan, dan kelembutan. Sebab, jika seorang anak tidak mampu memeliharanya dalam keluarga, ia bisa bekerja sama dengan yang lain merawat anak yatim dalam sebuah lembaga atau panti anak yatim. Mereka bisa berkontribusi ilmu, gagasan, manajemen, dan uang sekaligus tanpa harus merasa terlalu terbebani. Cara ini dipandang lebih efektif dan efisien, serta lebih dekat kepada kesuksesan pribadi si yatim dimasa depan.

  • Judul : Keajaiban Mengasuh Anak Yatim
  • Penulis : Ust. Irfan Supandi M.Ag & Ummu Harits
  • Penerbit : Ziyad
Be Sociable, Share!